Dihadiri Perwakilan 31 Sektor, Syukuran Awal Tahun 2023 Partogam Medan Berlangsung Khidmat

30 Januari 2023

 


Medan | Indonesia Berkibar News - Di bawah guyuran hujan deras, Parsadaan Toga Manullang (Partogam)  yang merupakan Persatuan Keturunan Marga Simanullang Kota Medan, menggelar Kebaktian Syukuran Awal Tahun 2023, Minggu malam (30/01/2023)

Lewat keterangan tertulis Partogam Medan,  Selasa (31/01/2023), Kebaktian yang dirangkai dengan sambutan dan ramah tamah berlangsung di Kantor Sekretariat Partogsm Jalan Bunga Terompet  Simpang Selayang, Kec. Medan Tuntungan, Kota Medan, Sumatera Utara.

Dikesempatan itu, Ketua Umum Partogsm Medan Dr. Sanco Simanullang didampingi Sekretaris Umum Jerry E. Simanullang, SE dan Bendahara Dr. Herlina br Simanullang, dan  sejumlah pengurus, menyampaikan salam sehat menyongsong Tahun 2023.

Kendati aelama 2 tahun dilanda Covid-19, kegiatan organisasi tetap berlangsung, misalnya pemberian bantuan Covid, dan kegiatan suka dan duka cita.

Pada syukuran itu, diberikan secara simbolis Nomor Urut 31 sebagai nomor urut Sektor  bagi wilayah  Sukamaju sekitarnya.

"Nomor 31 memberikan arti simbolis yang sangat penting bagi organisasi kita. Artinya apa?  Sebagai Pomparan Toga Simanullang yang terdiri dari 3 Keturunan, harus jadi satu. Tiga jadi satu. Tiga Satu. Jadi,  jangan mau dipecah-pecah. 

Jangan mau menonjolkan perbedaan, sebagai satu darah. Ayo mari kompak ke depan," ungkap Sanco.

Sanco mengungkap, berkaca pada zaman silam, dari keturunan Pomparan Simanullang, telah lahir tokoh tingkat Nasional mengharumkan Marga  Simanullang. Seperti Tuan Simanullang, dicalonkan sebagai Pahlawan Nasional.

Sedangkan Letkol GA. Simanullang (Ajudan Jenderal Besar AH. Nasution), meninggal dunia dalam Misi PBB di Kongo, dimakamkan di Kalibata Jakarta, diabadikan sebagai nama jalan di Bandung,  Lapangan Letkol GA. Simanullang di Kopassus Cijantung.

Sejumlah nama mentereng  lainnya, seperti Dr. AC Simanullang seorang  Intelijen jebolan Eropa, yang tentu sangat dikenal luas dimasa Presiden Soeharto.

Untuk tingkat Kabupaten/ Kota, ada mantan Wakil Bupati Humbahas Drs. Marganti Simanullang, ada  anggota DPRD Medan Alfarizi  Simanullang, dan Tokoh lainnya.

Kini, lanjutnya,  beberapa Marga Simanullang memang berperan dalam berbagai profesi, namun belum pada posisi puncak.

Lantas, bagaimana proyeksi dan persiapan kedepan? 

"Harus disiapkan dari dini. Gennerasi Impian yang bakal membawa nama harum. Ayo kita bersatu, Simanullang bersatu .... Simanullang Bersatu... Simanullang Bersatu....?," Pekik Sanco yang disambut gemuruh dan tepuk tangan meriah.

Sementara itu pantauan Media,  pada sesi  Kebaktian, tampil sebagai Pengkotbah Pdt Zendrato Simanullang, Liturgist Pnt. Sabungan Simanullang, SSos. MPsi dan Doa Syafaat Pdt M. Simanullang.

Pdt. Zendrato Simanullang dalam Kotbahnya, mengajak pentingnya membuang ego pribadi dalam membangun Partogam.

Ia mengibaratkan Organisasi Partogam, layaknya membuat Syrup Leci dan Syrup Kurnia. Dalam satu gelas, jika dipaksakan, tidak bakal bisa satu rasa. Bagaimana agar bisa satu rasa? 

"Ambil Gelas Baru, kosongkan dari kedua Syrup tadi, lantas buat Syrup baru, rasa Markisa. 

Dan rasa Markisa lah, rasa untuk bersama. Demikian juga Organisasi Partogam, jika ingin lebih maju ke depan, harus mau satu rasa,  menghilangkan ego individu," pungkas Zendrato Simanullang.

Hadir juga pada kegiatan tersebut, Pembina/Penasehat Urus Simanullang, Edwar Simanullang (Pakar), para  Wakil Ketua Marakkup Simanullang, Hasoloan Simanullang, Ramses Simanullang, Sabungan Simanullang, Anggiat Simanullang (Bidang Organisasi), M.A.Juan Simanullang (Adat), Sahriel Simanullang (Wakil Bendahara) dan Ketua-Ketua Sektor bersama Pengurus lainnya. 

Pengurus Sektor 31 Dilantik, Sukamaju Resmi Sektor Baru

Sehari sebelumnya, Sabtu (29/01/2023), di bawah Tema : Bersama dengan Rukun, Mazmur 133: 1. Partogam Sektor 31 Sukamaju Diresmikan.

Ketua Umum Partogam Kota Medan  Dr. Sanco Simanullang didampingi Sekum Jerry E. Simanullang, SE  melantik Josmar Simanullang sebagai Ketua (Periode 2023-2027).

"Apakah Saudara-saudara bersedia dilantik sebagai Pengurus Partogam Sektor 31?," tanya Sanco, yang dijawab serempak : "Bersedia," oleh seluruh Pengurus yang dilantik.

"Semoga Tuhan menolong Saudara," ucap Sanco yang diikuti bersama-sama dengan mengucapkan janji Pengurus.

Pendeta M Simanullang dalam Kotbahnya mengajak Tema Kebersamaan.

"Mari kita berdiri sama tinggi, duduk sama rendah, ringan sama dijinjing, berat sama dipikul," ungkap Pendeta. "Jagalah punguan ini agar berjalan mantap ke depan," imbuhnya.

Ilustrasi Lagu: Bunga Pansur, mengingatkan tidak ada yang abadi di Dunia ini. "Kehidupan kita bagaikan angin dan uap. Susah senang, Jabatan Tinggi Rendah, semua hanya sekejab.

Siapa yang bakal memperbaiki Punguan (Perkumpulan-red) ini? Tentu Ya kita. Maka ayo besarkan Punguan untuk lebih bermanfaat," katanya.


Sementara Ketua Terpilih Josmar "Kongo" Simanullang mengungkapkan, kendati baru  beranggotakan 41 Kepala Keluarga (KK), pihaknya siap menjalankan Organisasi ke depan.

"Kami siap dan komit untuk mendukung program Partogam Kota Medan. Telah lama kami menantikan momen kebersamaan dalam Partogam ini.

Semoga Tuhan menolong kami," ujar Josmar dengan mata berkaca-kaca. (TS)