PPRSSB-MS Sukses Gelar Pelantikan Pengurus Periode 2022-2027 dan Bona Taon 2023

26 Februari 2023

 


Medan | Indonesia Berkibar News - Acara Pesta Punguan Pomparan Raja Sigodang Ulu Sihotang se-Kota Medan (PPRSSB-MS), sukses menggelar  Bona Taon 2023, berlangsung di Wisma Gorga Mangampu Tua Jalan Saudara No 60 Medan, Minggu (26/02/2023).

Acara dihadiri para Pengurus dan ribuan Anggota Marga Sihotang yang ada di Kota Medan sekitarnya,  dari berbagai sektor dan bahkan dari beberapa Daerah Sumatera Utara (Sumut). 

Ketua Panitia Pesta Bona Taon, Binsar Sihotang SH. S.Sos mengatakan, "Selaku saya sebagai Ketua Panitia mengucapkan syukur karena acara ini dapat berlangsung dengan sukses. 

Yang sebelumnya kita telah melakukan Musyawarah Cabang (Muscab) yang terlaksana di Hotel Grand Antares Medan,  pada Hari Minggu 13 November 2022 lalu. Dan sekaligus melantik seluruh  Sektor-sektor PPRSSB Boru Bere se-Kota Medan" ucapnya.

Lebih lanjut Binsar Sihotang mengatakan, "Harapan kami Panitia, agar Pengurus yang baru dilantik, dapat menjalin tali kasih yang membawa harum Nama Besar Punguan Pomparan Raja Sigodang Ulu Sihotang dan Boru Bere ke depannya.

Dan pada kesempatan ini saya juga mengucapkan terimakasih kepada Bang Beny Sihotang, yang sebelumnya sebagai Ketua PPRSSB-MS, memberikan hatinya memimpin PPRSSB-MS, yang saat ini sudah dimisioner.

Dan kami juga memohon kepada seluruh Undangan, kiranya kita tetap bersatu untuk mendukung Punguan Pomparan Raja Sigodang Ulu Sihotang dan Boru Bere ke depan lebih maju lagi di Kepemimpinan Abang Parlindungan Sihotang.

Oleh karena itu saya sebagai Ketua Panitia, mari kita semua Punguan Pomparan Raja Sigodang Ulu Sihotang dan Boru Bere, saling membantu dan bekerjasama dengan Pengurus yang baru dilantik, untuk tetap menjalin hubungan yang harmonis, sehingga apa yang kita cita-citakan dapat terwujud dalam pelaksanaan  kegiatan sosial, baik dalam suka, mau pun dalam duka, untuk lebih nensejahterakan Punguan  Pomparan Raja Sigodang Ulu Sihotang, Boru dan Bere nya" pungkas Binsar Sihotang.

Selanjutnya, Ketua terpilih PPRSSB--MS, DR (HC) Drs. Parlindungan Sihotang SE. SH. M.Si., didampingi 

Sekretaris Umum : Ir. Ridzon Sihotang, Bendahara Umum : Drs. Tigor Sitohang M.Pd. DS mengatakan, "Hari ini adalah  pelaksanaan acara Syukuran Pelantikan Punguan Pomparan Raja Sigodang Ulu Sihotang Medan Sekitarnya (PPRSS MS) Dohot Boru Periode 2022-2027, Pelantikan 25 Sektor Punguan Pomparan Raja Sigodang Ulu  Sihotang se-Kota Medan Boru Bere Periode 2022-2027, yang dikukuhkan oleh Ketua DPD Sihotang Sumut-Aceh, Pdt.  DR. Hermanto Sihotang M. Th, dan pelaksanaan Bona Taon 2023.

Dalam hal ini tujuan kita adalah, bagaimana ke depan kita ingin membangun, hampir dari semua sisi. Baik itu dari segi Hukum, Ekonomi, Pendidikan, Kesehatan, Kesejahteraan,  Kepemudaan dan Usaha-usaha.

Yang mana sebelumnya saya dipilih berdasarkan Musyawarah Cabang (Murcab), yang masa pemilihannya berlangsung pada Hari Minggu,  tanggal 13 November 2022 yang lalu, di Hotel Grand Antares.

Dalam pelaksanaannya, kita akan membangun mulai dari segi Adat, Budaya dan dari segi Kesejahteraan, bagaimana supaya meningkat akan kesejahteraan Pomparan Raja Sigodang Ulu  Sihotang dan Boru nya.

Di setiap pelaksanaan Adat, kita selalu merasa memiliki dan merasakan, apabila saudara-saudara kita, dalam keadaan suka, maupum duka. 

Dan kita juga selalu mendukung, apabila ada diantara saudara-saudara, Pomparan kita, atau Anak-anak kita, yang ingin  berkembang, kami semua Pengurus, siap membantu, untuk pencapainnya dengan baik" ucap Parlindungan.

Oleh karena itu himbauan kami, agar Anak-anak kami, yang menjadi cikal bakal sebagai pengganti kami para orang tua mereka ke depan.

Agar mau ikut di setiap acara, setidaknya mau ikut berpartisipasi, ikut serta mengamankan, dan setidaknya sebagai pendengar, karena mereka suatu saat akan sebagai generasi penerus.

Jadi, kita telah bentuk berdasarkan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga, khusus kepada Sie Kepemudaan, yang saat ini sudah mencapai ratusan dan bahkan ribuan di seluruh Indonesia dan Dunia. 

Yang rencananya akan kita kukuhkan, jika Bulan tiga ini  susunan Kepengurusan mereka sudah terbentuk, maka paling lambat Bulan empat ini akan kita lantik" pungkas Parlindungan Sihotang.


Sebelumnya, telah dilakukan Ibadah Khusus Umat ber Agama Kristiani Pomparan Sigodangulu Sihotang dan Borunya, sebagai  pembawa Doa Syafaat, Pdt. DR. Hermanto Sihotang M. Th dan Pengkhotbah, Pdt. Hercules Sihotang M. Th. (Praeses HKBP Distrik XXIII Binjai - Langkat).

Dalam Khotbah Siraman Rohani yang disampaikan oleh, Pdt. Hercules Sihotang M. Th. mengatakan, "Dengan acara syukuran Bona Taon Pomparan  (Awal Tahun Keturunan) Sigodang Ulu Sihotang dan Borunya ini, diharapkan kebersamaan diantara kita semakin erat ke depan. 

Karena sesuai dengan Tema : "Sungguh Alangkah Baiknya dan Indahnya, Apabila Saudara-saudara diam bersama dengan rukun", yang diambil dari Alkitab (Mazmur 133 : Ayat 1).

Dan Sub Tema : "Melalui Pelantikan Dewan Pengurus Cabang Pomparan Raja Sigodang Ulu Sihotang dan Borunya Kota Medan (PPRSSB-MS) dan Syukuran Bona Taon 2023, Kita tingkatkan rasa persaudaraan yang semakin erat" 

Karena itu Kepengurusan Baru ini diharapkan, dapat bekerja untuk kebersamaan, mencapai tujuan yang baik dan positif, sebab dengan kebersamaan kita akan kuat, yang dapat melakukan banyak hal. Karena kalau kita terpecah-pecah, maka kekuatan kita akan termanilisir" ucapnya.

Hercules Sihotang menambahkan, Jadi harapan kita ke depan, dengan keberadaan Pengurus Baru ini, Pomparan Sigodangu Uu Sihotang dan Borunya dapat bersinergi, untuk bersama-sama bersatu dalam kesatuan Pomparan Sigodangulu Sihotang dan Borunya, dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Dalam hal ini contoh, Pak Benny Sihotang SE, yang ingin maju kembali sebagai Anggota Dewan, mari kita dukung, dengan lima (5) M. Mendoakan, Mendukung, Menjoblos, Mengawal di TPS (Tempat Pemungutan Suara) dan Mendudukkan. 

Jadi apabila kita Pomparan  Sigodang Ulu Sihotang dan Borunya se-Kota Medan dapat tetap bersatu padu,  maka semua itu akan dapat terjadi. Amin, semoga Tuhan Yesus Kristus memberkati kita semua" ucap Hercules Sihotang.

Diakhir acara yang sebelumnya diselang selingi dengan lelang Buah, Makanan siap saji Ulos dan Jam dengan Miniatur Rumah Adat Batak, silih berganti berlangsung nyanyian dan bahkan, yang cukup meriah saat-saat sudah mau selesai, dengan penuh kegembiraan, hampir seluruh yang hadir berjoget ria ke atas Podium dan lantai di depannya, saat dikumandangkan Lagu yang berjudul Si Birong-Birong dan beberapa Lagu  lainnya, yang juga turut dihadiri Pomparan Si Raja Oloan Lainnya, Marga Naibaho, Bakara, Sinambela, Sihite, Simanullang dan Pomparan sepadan (Marga yang diikat dengan perjanjian masa dahulu-red) Punguan Marga Toga Marbun. (TS)