Kelompok Tani Mawar Desa Longkotan Adakan Tanam Bawang Merah Bersama Dinas Pertanian Dairi

30 Mei 2023

 


Dairi | Indonesia Berkibar News - Kelompok Tani Mawar di Desa Longkotan, Kecamatan Silima Pungga-pungga bersama Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan (KPP) Kabupaten Dairi melakukan tanam bawang merah bersama, Selasa (30/05/2023).

"Penanaman bawang merah secara swadaya yang diinisiasi penyuluh pertanian Desa Longkotan, sebagai bukti adanya harmonisasi dan kolaborasi dengan petani binaan di Desa Longkotan," kata Kadis Pertanian KPP Dairi, Robot Simanullang.

Disebutkannya, langkah yang di terapkan sebagai salah satu upaya Dinas Pertanian KPP untuk memandirikan petani binaan.

"Kegiatan Kelompok Tani Mawar ini membuktikan bahwa kelompok tani di Kabupaten Dairi memiliki semangat untuk maju dan berkembang," sebut Robot Simanullang.

Dalam kesempatan itu Robot mengajak petani untuk bekerjasama melaksanakan program 'Agri Unggul' yang dapat menyejahterakan petani menuju Dairi Unggul.

"Swadaya ini membuktikan bahwa petani bisa mandiri, sehingga diharapkan Kelompok Tani Mawar ini bisa menjadi contoh bagi petani lain untuk mengurangi ketergantungan kepada pemerintah," ucapnya.

Agar penanaman bawang merah itu berhasil, Robot meminta penyuluh pertanian untuk melakukan pendampingan melekat sampai panen, karena saat ini perubahan iklim sedang tidak menentu yang bisa saja mengakibatkan gagal panen.

"Termasuk pendampingan terhadap kecukupan pupuk dan obat-obatan harus tetap menjadi perhatian," ujarnya.

Sementara itu Kepala Desa Longkotan, Sarliden Marbun merasa bangga dengan kegiatan swadaya oleh Kelompok Tani Mawar.

"Semoga kegiatan tanam bawang merah bersama ini membawa manfaat kepada masyarakat terutama kepada Kelompok Tani Mawar yang pada akhirnya memotivasi kelompok tani lainnya yang ada di Desa Longkotan," ungkapnya.

Dengan adanya kerjasama penanaman bawang merah Ketua Kelompok Tani Mawar, Tulus Manurung sangat berterima kasih atas kehadiran Dinas Pertanian KPP ke Desa Longkotan mengikuti kegiatan tanam perdana bawang merah.

Dirinya pun meminta kepada Dinas Pertanian KPP untuk senantiasa memberi petunjuk dan penyuluhan kepada Kelompok Tani Mawar.

"Kami juga berharap bantuan Pemkab Dairi untuk memotivasi petani dalam mengolah lahan pertaniannya," pintanya.

Turut hadir dalam tanam bawang merah bersama tersebut, Kabid Penyuluhan Suka Edah Angkat, Staff Desa Longkotan dan seluruh anggota Kelompok Tani Mawar. (Mrs)