Pada Acara Sosialisasi Sensus Pertanian, Kadis Pertanian Paparkan Capaian Pertanian Dairi pada Sensus Pertanian 2023

31 Mei 2023


Dairi | Indonesia Berkibar News - Kadis Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan (KPP) Kabupaten Dairi, Robot Simanullang memaparkan program prioritas, potensi lahan pertanian, dan capaian pembangunan sektor pertanian di Kabupaten Dairi periode tahun ke-4 RPJMD (2019-2024).

Paparan tersebut disampaikan saat menjadi narasumber pada sosialisasi sensus pertanian, yang dilaksankan di Hotel Mutiara Jalan Parluasan Sidikalang, Rabu (31/05/2023).

Dalam paparannya, Robot Simanullang mengatakan, bahwa program unggulan 'Agri Unggul' adalah konsep pengelolaan pertanian yang cerdas dan berbasis teknologi berdasarkan komoditas unggulan, guna meningkatkan produksi dan nilai tambah (value added).

Peningkatan SDM petani sangat dibutuhkan untuk mendukung pencapaian program tersebut, termasuk melahirkan petani-petani milenial yang juga melek teknologi mengingat usia petani di Dairi rata-rata diatas 50 tahun.

"Juga pentingnya perubahan mindset petani," katanya.

Selain itu ekosistem harus dibangun untuk menciptakan mekanisme pengelolaan pertanian dari hulu ke hilir, seperti kerjasama antara petani melalui kelompok tani dengan offtaker sebagai usaha bersama dalam wadah Kelembagaan Ekonomi Petani (KEP)

"Ini penting, karena untuk menentukan target produksi, pola tanam atau Musim Tanam (MT), seperti yang sudah berjalan saat ini di Kawasan Pertanian Terpadu (KPT)," sebut Robot.

Tambahnya, Ia mengatakan serta Program Horticulture Development In Dryland Areas Project (HDDAP) atau Hortikultura di Lahan Kering kerjasama Pemerintah dengan Asian Development Bank yang dalam tahun ini akan segera mulai dijalankan.

"Kerja sama ini segera dimulai dalam tahun ini," jelasnya.

Diakhir paparannya Robot Simanullang mengajak semua pihak bekerjasama untuk memajukan pertanian di Kabupaten Dairi melalui Program Agri Unggul menuju Dairi Unggul.

"Kita berharap hasil sensus pertanian 2023 dapat dijadikan sebagai bahan perencanaan pembangunan khususnya sektor pertanian di Kabupaten Dairi," ujarnya.

Kegiatan Sosialisasi tersebut turut dihadiri, Kepala Bappedalitbang Kabupaten Dairi, unsur TNI dan Polri, para Camat, perwakilan KTNA, perwakilan kelompok tani, tokoh agama, dan tokoh masyarakat. (Mrs)