TIGA KELOMPOK TANI GHAFOKTAN DESA, SAI SIUR, KECAMATAN PANGKALAN SUSU,KABUPATEN LANGKAT,"MENGGELAR DOA BERSAMA DAN KENDURI SAWAH

30 Mei 2023

 


Pangkalan Susu | Indonesia Berkibar News -.Kenduri sawah , begitulah sebutan tradisi yang mengalir dari nenek moyang bagi patani di Desa Sai Siur.Kenduri sawah yaitu acara syukuran disertai doa dan makan bersama yang dilaksanakan oleh para petani ketika musim tanam dimulai.  

Tradisi ini dilaukan turun temurun oleh petani di phanton , untuk mengharapkan berkah, sekaligus bermunajat kepada Allah agar sawah mereka bebas dari hama, saat musim tanam hingga panen tiba. 

Dahulu, kegiatan ini berlangsung setahun sekali.Seiring perkembangan zaman, di mana musim tanam telah berlangsung dua kali setahun, maka kegiatan kenduri sawah ini juga dilakukan dua kali dalam setiap tahun.


Dalam pelaksanaan kegiatan para petani para petani mengelar syukuran untuk mendoakan tanaman padi mereka agar bisa meningkat produksinya dan sawah terbebas dari hama dan hasil panen berlimpah.

"Seperti  pantauan Media Indonesia Berkibar news dusun empang phanto, "Desa Sai Siur, Kecamatan Pangkalan Susu,Kabupaten Langkat, "selasa(30/05/2023), "

Kaum perempuan memasak kari ayam dengan cara tradisional, sementara pria menyambut tamu turut hadir undangan Camat Pangkalan Susu yang di wakilkan Sekcam pangkalan Susu, "Restra yudha,S, STP.,Kades Sai Siur.M.Aripin syamsudin,PT.Indonesia Fower,.Budin Setiawan,ppl Muspa Indra,perangkat Desa Sai Siur dan Tokoh Masyarakat.

Semua tamu undangan, turut memberikan doa bersama di Surau Nurul Hasanah dengan kusyuk, agar tanaman padi mereka juga bisa tumbuh subur.

Ngatemi selaku ketua panitia mengatakan kepada media Indonesia berkibar news Begitulah sekilas suasana kenduri di surau Nurul Hasanah di sana, yang merupakan salah satu kearifan lokal di Dusun Phanton Desa Sai Siur yang masih eksis hingga sekarang ini.

Di sisi lain Kadus Dusun lV Panton Sopi mengatakan kenduri ini juga sebagai wujud rasa syukur masyarakat atas rezeki yang telah diberikan oleh Sang Maha Pencipta.

Kenduri syukuran, doa dan makan bersama ini memberi motivasi tersendiri bagi petani untuk memulai musim tanam dengan harapan tanaman padi mereka akan lebih berkah dan hasil panen berlimpah.

Lanjutnya Sopi Trandisi ini telah dijalani secara turun menurun oleh para ke kelompok gapotan gapansi, gapotan.trita sari dan gapotan giat tani,dari luas lahan persawahan dusun empat phanton 75,hektar dari hasil perbektar berpariasi, mulai dari 7 ton sampai 3 ton perhektar,,syukuran tersebut.ungkapnya "(ERI)