Pemilihan Kepala Dusun ll Desa Alur Cempedak Berjalan Sukses

9 Agustus 2023

 


Pangkalan Susu | Indonesia Berkibar News - Dian Hidayat terpilih sebagai Kepala Dusun ll Lr. Umar Desa Alur Cempedak, Kecamatan Pangkalan Susu.Pemilihan Kepala Dusun (Pilkadus) yang dilaksanakan secara langsung ini, berjalan dengan sukses, aman dan di saksikan Bhabinkamtibmas AIPDA S, Sibayang dari Polsek Pkl. Susu,Babinsa  Kopda Sukino dari Koramil 15  Pkl. Susu dan Panitia pelaksanaan pilkadus.

Dari pantauan di lapangan, kru media Indonesia Berkibar News pelaksanaan Pilkadus Desa Alur Cempedak dimulai pada pukul 07.30.WIB sampai penutupan di jam 13.00 WIB.


Acara dilaksanakan gedung  Ykpp Dusun ll, Desa Alur Cempedak dan dilanjutkan dengan penghitungan suara. Tercatat sebanyak 221 pemilih yang memberikan hak suaranya untuk Pilkadus di Desa Alur Cempedak , untuk memilih 2 calon Kepala Dusun ll Lr. Umar yang telah mendaftar.

Setelah dilaksanakan penghitungan suara, Heru Suriadi 38 thn mendapat suara sebanyak 61 suara, dilanjutkan dengan Dian Hidayat 31 thn mendapat 161,"suara dinyatakan tidak sah 3 suara .

Sekdes Desa Alur Cempedak Ahmad Azizi Darmawan mengungkapkan Panitia pildus bekerja sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Kepala Desa Alur Cempedak Nomor 140 - 29/AC/Vlll/2023, tentang Penetapan Panitia Pemilihan Perangkat Desa Alur Cempedak Kecamatan Pangkalan Susu Tahun 2023 per tanggal 5 juli 2023.

Yang di ketuai oleh NUNING INDRAYANI SURBAKTI (Anggota PKK) Dusun II Lr. Umar Sekretaris AHMAD AZIZI DARMAWAN (Sekretaris Desa) Dusun I Lr. Abu Bakar Dan Anggota sejumlah 5 orang yakni Gunawan (Kasi Pemerintahan Desa Alur Cempedak) Dusun I Lr. Abu Bakar Hauli (Anggota LPMD Desa Alur Cempedak) Dusun IV Lr. Ali Ozizah (Kader Posyandu Dusun II) Dusun II Lr. Umar Ariono (Tokoh Pemuda Dusun II) Dusun II Lr. Umar Edi Susanto (Tokoh Masyarakat Dusun II) Dusun II Lr. Umar.

Lanjut Sekdes Azizi setelah mendapatkan SK, kami bersama dengan Kepala Desa segera mengadakan pertemuan untuk membahas hal tersebut, dan dari beberapa kali rapat dan pertemuan dengan masyarakat dalam rembuk dusun, disepakati untuk melaksanakan Pilkadus ini secara langsung sebagaimana yang tertuang dalam Peraturan Kepala Desa Alur Cempedak Nomor 4 Tahun 2023", ungkapnya.

"Dengan diadakannya pilkadus secara langsung  di Dusun ll Lr. Umar Desa Alur Cempedak ini, mereka mengatakan bahwa hal tersebut mewakili suara dari masyarakat, dan tidak menimbulkan prasangka dan prilaku KKN," jelasnya.


Satu bulan lebih bekerja, Panitia ini mulai dengan pembentukan tim, pengumuman perekrutan kepala dusun di pertengahan Juli 2023, dilanjutkan dengan seleksi pendaftaran berkas  calon di akhir Juli, kemudian seleksi tertulis dan pidato kedua calon pada awal Agustus.

"Selanjutnya kami memberikan sosialisasi kepada masyarakat dengan membuat pengumuman dan selebaran pelaksanaan Pilkadus di tanggal 9 Agustus ini beserta nama dan foto calon Kepala Dusun yang lulus seleksi administrasi dan tes tertulis juga pidato. Dan Alhamdulillah, di hari pemilihan antusias masyarakat sangat baik untuk memilih kadus, pungkasnya sekdes. 

Di tempat yang sama Kepala Desa Alur Cempedak Ridho Ginting mengatakan kepada awak media siapa pun yang terpilih menjadi Kepala Dusun ll Lr. Umar, sebagai perpanjangan tangan Kepala Desa harus mengikuti visi dan misi Kepala Desa ucap Kades. (ERI)