Tim Panelis Provsu Apresiasi Penurunan Stunting di Humbahas

15 Mei 2024



Humbahas,| Indonsia Berkibar News -
Tim Penilai dan Panelis Konvergensi Percepatan Penurunan Stunting Provinsi Sumatera Utara apresiasi kinerja Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan yang berhasil meurunkan angka stunting dari 29,6% pada tahun 2022 menjadi 18,4% pada tahun 2023, yang berarti berhasil menurunkan 11,2%.

Apresiasi ini disampaikan pada acara Penilaian Kinerja Pemerintah Kabupaten/ Kota Dalam Pelaksanaan 8 (delapan) Aksi Konvergensi Penurunan Stunting Tahun 2023 dilaksanakan melalui zoom dan diikuti Tim TPPS Humbang Hasundutan di ruang rapat Bappelitbangda, Rabu (15/05/2024).

Kepala Bappelitbangda Humbang Hasundutan, Pahala Lumbangaol memaparkan pelaksanaan 8 (delapan) Aksi Kenvergensi Penurunan Stunting di Kabupaten Humbang Hasundutan Tahun 2023, di hadapan Tim Penilai dan Panelis Konvergensi Percepatan Penurunan Stunting Provinsi Sumatera Utara melalui zoom.

Pahala Lumbangaol dalam paparannya menguraikan, Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan telah melakukan berbagai upaya lintas sektoral sehingga prevalensi stunting turun secara signifikan dari 29,6 % tahun 2022 menjadi 18,4 % pada tahun 2023 (berdasarkan Survey Kesehatan Indonesia Tahun 2023).

Visi dan misi Kebijakan Pembangunan Kabupaten Humbang Hasundutan yang tertuang dalam RPJMD 2021-2026, diantaranya adalah Mewujudkan Sumber Daya Manusia Berkualitas Melalui Peningkatan Mutu Layanan Pendidikan Dan Kesehatan. Berbagai Regulasi dan Peraturan terkait percepatan penurunan stunting telah kami terbitkan, dan berkat hal ini, maka angka stunting di Kabupaten Humbang Hasundutan ini telah mengalami penurunan seperti disampaikan di atas.

Usai pemaparan, tim panelis memberikan arahan dan masukan agar Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan melengkapi berkas-berkas pelaksanaan delapan aksi yang sudah dilaksanakan di Kabupaten Humbang Hasundutan.

Penilaian Kinerja Pencegahan dan Penurunan Stunting se Sumatera Utara ini sendiri dilaksanakan secara vidio conference dimana para Panelis yang terdiri dari Bappelitbang Provinsi Sumatera Utara, Dinas Sosial Provinsi Sumatera Utara, BKKBN Provinsi Sumatera dan Organisasi Provesi, serta Akademisi mengikuti kegiatan ini dari Kantor Bappelitbangda Provinsi Sumatera Utara.(diskominfo/Samuel  Lg)