Menuju Tanah Suci, JCH Tapsel Hari Ini Diberangkatkan Masjid Agung Syahrun Nur Sipirok

5 Juni 2024

 


Tapsel | Indonesia Berkibar News - Sebanyak 220 orang jamaah calon haji (JCH) asal Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) akan diberangkatkan menuju Asrama Haji Medan dari Masjid Agung Syahrun Nur, Sipirok hari ini.

"Keberangkatan rombongan JCH Tapsel kloter 23 rencana akan dilepas langsung oleh Pak Bupati Tapsel Dolly Pasaribu malam ini," Kasi Haji Kemenag Tapsel Firmansyah Pasaribu, Rabu (05/06/2024).

Ia menjelaskan, jumlah JCH Tapsel tinggal sebanyak 220 orang, setelah satu orang meninggal dunia. Namun, ada dua kuota JCH Tapsel bertambah Tahun 2024 tetapi tergabung di kloter 25.

"Artinya untuk musim haji 2024 ada 222 total JCH Tapsel untuk embarkasi Medan, dengan rincian 220 orang tergabung di kloter 23 dan dua orang gabung di kloter 25, di luar satu orang yang meninggal," ujarnya.

Di Masjid Syahrun Nur malam nanti, seluruh JCH Tapsel berkumpul sekaligus mengikuti shalat magrib dan isya berjamaah, tambah makan malam bersama.

"Diperkirakan rombongan akan tiba dan masuk asrama haji Medan (Ahmed) pada 6 Juni. Lanjut pemeriksaan berkas dan dokumen, chek kesehatan layak untuk terbang atau tidak menuju Tanah Suci Mekah pada 7 Juni 2024 dari Bandara Kuala Namu," katanya.

Disisi lain, Pemkab Tapsel dalam pelayanan pemberangkatan JCH ini bekerjasama dengan Polres Tapsel, BNN Tapsel melaksanakan tes urine bagi 16 orang supir ALS yang akan mengangkut seluruh JCH menuju Ahmed.

Sebelumnya, JCH Tapsel yang masuk dalam gelombang kedua (langsung menuju Jeddah) tergabung pada kelompok terbang 23 akan bergabung dengan sejumlah JCH asal Dairi, KBIH Duyufurrohman, dan Medan.

Untuk calon haji tertua Tapsel musim haii 2024, kata Firmansyah, bernama Samudin Rangkuti bin Kamol (81 tahun), asal Sayur Matinggi, dan yang termuda Septi Lastri Siregar (26) asal Batang Angkola.(Ahmad)