DPRD Medan Dorong Akselerasi Peningkatan Kapasitas SDM Menuju Kota Global

1 Juli 2024

 


Medan | Indonesia Berkibar News - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Medan dorong akselerasi peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) menuju kota global untuk memenangkan persaingan dalam dunia bisnis, ekonomi, politik dan budaya.

DPRD Medan dorong akselerasi peningkatan kapasitas SDM menuju kota global itu disampaikan Ketua DPRD Kota Medan, Hasyim, dalam sambutannya pada sidang paripurna istimewa Hari Jadi Kota Medan ke 434, Senin (01/07/2024).

Sidang paripurna di pimpin Hasyim bersama Wakil Ketua Ihwan Ritonga dan Rajudin Sagala. Hadir saat itu Wali Kota Medan Bobby Nasution, Wakil Wali Kota Aulia Rachman, Sekda Provinsi Sumut Arief S Trinugroho, Pj Sekda Medan Topan OP Ginting, unsur Forkopimda Kota Medan, para anggota DPRD Kota Medan, pimpinan OPD, Camat dan Lurah se-Kota Medan serta tamu dan undangan lainnya.

Bertumbuhnya Kota Medan, kata Hasyim, tidak dapat dilepaskan dari peran Pemkot dan DPRD, yang berkomitmen dalam membangun Kota Medan, terlebih dalam mengakselerasi Kota Medan menuju kota global.

Peran DPRD, sebut Hasyim, tidak kalah penting melalui penguatan tugas dan fungsinya, baik fungsi pembentukan Perda, fungsi anggaran dan pengawasan khususnya untuk mendorong pencapaian lima program prioritas Kota Medan. “Termasuk dalam menghadapi isu global seperti kemiskinan, kesehatan, pendidikan, kemacetan, hingga masalah lingkungan seperti banjir,” kata Hasyim.

Kota Medan, sambung Hasyim, akan mengalami transformasi besar dan arah pembangunan beralih menjadi kota bisnis, yang di harapkan mampu bersaing secara global serta siap bersaing di panggung internasional.

“Pemkot Medan harus mempersiapkan sumber daya manusia kapabel. DPRD Kota Medan mendorong akselerasi peningkatan kapasitas SDM manusia menuju kota global ini untuk memenangkan persaingan di tengah perubahan-perubahan yang berlangsung cepat dalam dunia bisnis, ekonomi, politik dan budaya,” kata Hasyim.

Hasyim berharap, tema “Akselerasi Menuju Kota Global” pada peringatan Hari Jadi Kota Medan ke 434 tahun 2024 ini mampu membangun kolaborasi antara masyarakat dengan seluruh stakeholder dan pemangku kepentingan demi mewujudkan Kota Medan yang maju, sejahtera, dan berdaya saing menuju kota global.

Sementara Wali Kota Medan, Bobby Nasution, dalam sambutannya menyadari belum semua program yang dikerjakan Pemerintah Kota Medan dikerjakan 100%. Namun, Pemerintah Kota Medan terus bekerja keras dan bekerja cerdas dalam mewujudkan akselerasi Kota Medan menuju kota global. (bundo)