Karutan Kelas 1 Medan Hadiri Pembukaan Rakor Dilkumjakpol Plus Tahun 2024

25 Juli 2024

 


Medan | Indonesia Berkibar News -  
Rumah Tahanan Negara (Rutan), Kelas I Medan Kantor Wilayah Kementerian Hukum & HAM Sumatera Utara, turut serta dalam pembukaan Rapat Koordinasi Dilkumjakpol PlusTahun 2024.Acara ini berlangsung di Hotel Grand Mercure Maha Cipta Angkasa Medan, Kamis (25/07/2024).


Dilkumjakpol merupakan forum yang mempertemukan aparat penegak hukum dari berbagai lembaga, termasuk Pengadilan, Kemenkumham, Kejaksaan, dan Kepolisian, ditambah dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Sumatera Utara.


Tujuan utama forum ini adalah menyusun langkah-langkah penyelesaian bersama untuk menyinkronkan pelaksanaan tugas pokok dan fungsi terkait penegakan hukum dan pembinaan terpadu.

Forum ini juga bertujuan untuk memperkuat koordinasi dan konsultasi lintas lembaga penegak hukum, terutama dalam penanganan kejahatan narkoba dan kasus kriminal lainnya.


Dalam sambutannya, Kepala Divisi Pemasyarakatan, Rudy F. Sianturi, menekankan pentingnya integritas dalam pemberian integrasi kepada warga binaan.


“Melalui Forum Rapat Koordinasi Dilkumjakpol Plus Tahun 2024, mari kita berkomitmen untuk meningkatkan peran dan fungsi Lembaga Penegak Hukum. Khususnya untuk jajaran pemasyarakatan, pemberian integrasi kepada warga binaan harus dilaksanakan dengan tegas dan penuh integritas,” ujar Rudy.


Hadir dalam acara tersebut, Kepala Rutan Kelas I Medan, Nimrot Sihotang, dan Kepala Seksi Pelayanan Tahanan, Ronny S. Hutapea.


Nimrot Sihotang menegaskan bahwa upaya menekan jumlah narapidana melalui pendekatan restorative justice harus menjadi upaya bersama antara aparat penegak hukum dan pemerintahan daerah.


“Dengan digelarnya Rapat Koordinasi Dilkumjakpol Plus ini, diharapkan sinergi antar lembaga penegak hukum semakin erat, sehingga penanganan kejahatan, terutama narkoba, dapat dilakukan dengan lebih efektif dan efisien,” tuturnya .(rel/zul)