Syukuran Hari Jadi Ke-21 Kabupaten Humbang Hasundutan

29 Juli 2024


Doloksanggul | Indonesia Berkibar News - 
Syukuran Hari Jadi ke-21 Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) dilaksanakan di Lapangan Merdeka Doloksanggul, Senin  (29/07/2024). 


Syukuran ini di hadiri Bupati Humbang Hasundutan, Dosmar Banjarnahor, SE dan Wakil Bupati Humbang Hasundutan Dr. Oloan Paniaran Nababan, SH, MH, Ketua DPRD Humbahas Ramses Lumbangaol. SH beserta wakil dan anggotanya, Kapolres Humbang Hasundutan AKBP Hary Ardianto, SH, SIK, MH, Dandim 0210/TU Letkol Inf. Saiful Rizal, S.Hub.Int, Kajari Humbang Hasundutan Dr. Noordien Kusumanegara, SH., MH, Ketua TP. PKK Ny. Lidia Dosmar Banjarnahor, Wakil Ketua TP. PKK Ny. Erma Oloan Paniaran Nababan, anggota TP. PKK, DWP, Sekda Chiristison R. Marbun, M.Pd, Bhayangkari, Persit Kartika Chandra Kirana, IAD, Pimpinan OPD, BUMN/ BUMD, Camat se-Kabupaten Humbang Hasundutan, Wakil Bupati Periode 2005-2010 Marganti Manullang,, Wakil Bupati Periode 2015-2020, Saut Parlindungan Simamora, pemrakarsa berdirinya Kabupaten Humbang Hasundutan, tokoh agama/ masyarakat, Tokoh pemuda, LSM dan wartawan serta masyarakat lainnya.


Ketua Panitia HUT ke-21 Kabupaten Humbahas 2024 Chiristison Rudianto Marbun, M.Pd mengatakan perayaan HUT mengusung tema “Bersama membangun Humbang Hasundutan dengan peningkatan pertanian dan ekonomi yang berkelanjutan”.


Chiristison Rudianto Marbun, M.Pd menjelaskan sebelum acara puncak, beragam kegiatan  telah dilaksanakan antara lain lomba gerak jalan tingkat SD, SMP, SMA/SMK, OPD dan umum. Lomba drum band tingkat SD, SMP, SMA/SMK, pawai mobil hias antar OPD atau gabungan OPD se-Kabupaten Humbang Hasundutan serta BUMN/BUMD termasuk perusahaan. Kemudian Fun RUN 5 kilometer antar pelajar, dan umum. Senam massal dan pemeriksaan kesehatan gratis serta donor darah. Pesona Humbang Hasundutan, lomba mars koperasi, lomba cerdas cermat koperasi dan lomba mewarnai logo koperasi.


Pada kesempatan itu, Patar Simamora mewakili pemrakarsa menyampaikan (dalam Bahasa Batak) bahwa pemekaran Kabupaten Humbang Hasundutan awalnya adalah untuk mempersingkat pengurusan administrasi ke Tarutung, Kab. Tapanuli Utara.


Tahun 2001 mulailah dipikiri mengatasi situasi ini dan tidak lebih dari 2 tahun sudah mekar Kabupaten Humbang Hasundutan, dan saat ini sudah berumur 21 tahun. Perkembangan dan pembangunan sangat pesat, untuk itu mari kita masyarakat Humbang Hasundutan untuk saling bergandengan tangan dan mendukung pemerintah demi tercapainya masyarakat yang sejahtera.


Kedepan dihimbau, siapapun yang menjadi Bupati di Kabupaten Humbang Hasundutan agar masyarakat mendukung dengan sepenuh hati dan tidak ada permasalahan sosial. (terjemahan-red)

Mewakili Mantan Bupati/Wakil Bupati Kabupaten Humbang Hasundutan, Marganti Manullang, dalam sambutannya mengakui perkembangan pembangunan masa kepemimpinan saat ini, mari kita dukung pemerintahan sekarang dengan bekerja lebih baik. Mari kita bersama-sama menjaga kekondusifan Kabupaten Humbang Hasundutan ini, karena pembangunan butuh kekondusifan.


Kapolres Humbang Hasundutan AKBP Hary Ardianto, SH, SIK, MH, dalam sambutannya mewakili Forkopimda menyampaikan agenda kamtibmas yang akan kita laksanakan bersama yaitu pemilihan kepala daerah di Kabupaten Humbang Hasundutan. 


Banyaknya pemilih muda dalam pemilihan ini menjadi tantangan tersendiri bagi para penyelenggara pilkada. Dimana permasalahan yang ada saat ini adalah selain tingkat pengetahuan dan pemahaman pemilih muda terhadap politik yang perlu ditingkatkan juga kemungkinan dihadapkan adanya maraknya hoaks yang bertebaran di media sosial.


Pemilihan kepala daerah adalah pesta demokrasi,pesta kemeriahan, sehingga seyogyanya masyarakat Kabupaten Humbang Hasundutan menjadi pemilih cerdas dengan menggunakan hak pilihnya secara serdas pula.”Intinya jangan mau dibodohi”, penyebar hoaks ingin kita bodoh. Pilihlah pilihan anda, tapi hormati dan hargai juga pilihan orang lain.


Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor, SE dalam sambutannya mengucapkan selamat datang dan terima kasih yang setinggi-tingginya atas kehadiran bapak/ibu pada peringatan hari ulang tahun yang ke-21 Kabupaten Humbang Hasundutan. 

Peringatan hari ulang tahun yang kita laksanakan pada tahun ini merupakan momen penting untuk mengenang dan mengingat kembali perjuangan masyarakat melalui para pemrakarsa yang dengan susah payah mencurahkan pikiran, tenaga, waktu, maupun materi hingga terbentuknya Kabupaten Humbang Hasundutan yang kita cintai ini. 


Untuk melanjutkan pembangunan di Kabupaten ini, kita harus bergandengan tangan,  menggalang harmonisasi  dan sinergitas antara pemerintah dan seluruh lapisan masyarakat. Mendasari hal tersebut, pemerintah menetapkan tema peringatan hari ulang tahun ke-21  tahun 2024 ini  adalah “bersama membangun Humbang Hasundutan dengan peningkatan pertanian dan ekonomi yang berkelanjutan” melalui tema ini, kami mengajak  seluruh elemen masyarakat agar bekerja sama, bahu membahu, dan bersatu padu untuk  mewujudkan Kabupaten Humbang Hasundutan yang maju dan bermentalitas unggul.


Bupati menambahkan walaupun banyak tantangan yang kita hadapi selama ini. kita tetap berupaya melakukan yang terbaik agar  pelayanan dan pembangunan tetap berjalan. Hal ini  tergambar dari berbagai penghargaan yang diperoleh Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan dari Provinsi Sumatera Utara dan Pemerintah Pusat antara lain.


Peringatan hari ulang tahun ke-21 Kabupaten Humbang Hasundutan Tahun 2024 ini merupakan hari ulang tahun terakhir bagi kami sebagai bupati yang memimpin Pemerintahan Kabupaten Humbang Hasundutan. 


Dalam Periode  Tahun 2016 sampai dengan tahun 2024 ini, berbagai tantangan dan permasalahan telah kita lalui bersama mulai wabah covid 19, bencana alam serta dinamika sosial yang terjadi. namun, dengan kerjasama yang baik antara pemerintah dengan masyarakat dan seluruh stakeholder yang ada situasi sulit tersebut dapat kita lalui bersama. Untuk itu, kita patut bersyukur dan mengucapkan terima kasih kepada segenap unsur yang telah memberikan bantuan baik materi, tenaga, dan pemikiran.

Pada kesempatan ini ada beberapa pesan yang ingin saya sampaikan kepada kita semua :


1. Utamakan pendidikan anak-anak kita. Kepada seluruh keluarga agar tetap mengupayakan yang terbaik agar anak-anak kita dapat mencapai pendidikan yang setinggi mungkin.


2. Maksimalkan upaya mencegah stunting. Pastikan anak-anak kita mendapatkan gizi yang terbaik agar dapat tumbuh menjadi anak yang sehat dan cerdas.


3. Bekerjalah dengan keras, cerdas dan serius. Tuhan telah memberkati daerah kita dengan tanah yang subur dan iklim yang mendukung. Tetap optimis dimanapun bapak dan ibu bekerja. tuhan pasti memberkati semua usaha yang kita lakukan dengan sepenuh hati.


4. Mari menjaga kedamaian, kekompakan, persaudaraan dan menjungjung tinggi nilai-nilai agama, adat, etika, hukum dan norma-norma masyarakat demi terwujudnya masyarakat Humbang Hasundutan yang unggul.


5. Hindari tindakan-tindakan yang melanggar hukum, asusila dan tindakan tercela lainnya. jadikan daerah kita ini sebagai contoh bagi daerah lainnya.


6. Mari kita bersama-sama menyukseskan pelaksanaan pilkada tanggal 27 november 2024. Mari kita semuanya berpartisipasi aktif dan sama-sama menjaga keamanan dan kekondusifan agar transisi kepemimpinan daerah berjalan lancar. Mari kita bersama-sama berdoa agar tuhan menunjukkan pemimpin yang terbaik, khususnya bagi Kabupaten Humbang Hasundutan,” tutup Bupati.


Dilaksanakan juga dalam acara syukuran ini Penyerahan Sertifikat Elektronik Pemkab 15 Bidang dari BPN kepada Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan dilanjutkan penyerahan Sertifikat Kepada 12 Orang Masyarakat Humbang Hasundutan dari 96 Orang Penerima, Penyerahan Simbolis Beasiswa Kepada Siswa yang masuk SMA Unggul dan PTN Favorit (3 Siswa SMA dari 15 Orang Penerima dan  3 Mahasiswa dari 31 Orang Penerima)didampingi 1 orang orangtua. Total: 12 Orang, Penyerahan Bantuan Sosial Kepada 3 orang Perwakilan dari 42 Penerima (Penyandang Disabilitas) di Kabupaten Humbang Hasundutan dan Penyerahan Hadiah Lomba Mewarnai Tingkat PAUD, Lomba Paduan Suara Tingkat Organisasi Koperasi, Lomba Cerdas Cermat Tingkat SMA/SMK , Lomba Drum Band, Lomba Gerak Jalan, Fun Run 5K, Lomba Vocal Trio.


Acara Syukuran ini diisi dengan Penampilan Tumba Massal 300 Siswa SMP, Sanggar Seni Maduma dan Sanggar Seni Tonggi, Senam dan Demonstrasi Gasing Siswa SD dan Deville Kecamatan se-Kabupaten Humbang Hasundutan dan  Artis local seperti  Dompak Sinaga, Anis Gea, Desima Pasaribu, Century Trio, Nirwana Trio, Hans Trio, The Boys Trio, Romantis Trio, Hobasta Trio, Gracia Sister, WMI Band Doloksanggul, Relaxa Trio, Parholong Trio, Rap Sada Trio, Yudha Manalu (Keyboard), Hermanto Manullang (Seruling) dan Putra Abednego Simbolon (Tagading).(samuel lg)