Tim evaluasi PTP2WKSS Sumut ke Tapsel, ini tujuan mereka

11 Juli 2024

 


Tapsel | Indonesia Berkibar News - Tim evaluasi Program Terpadu Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (PTP2WKSS) Provinsi Sumatera Utara turun ke Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Rabu (11/07/2024).


Lokasinya tepat di Desa Batu Godang, Kecamatan Angkola Sangkunur. Ketua tim PTP2WKSS Sumut, Hardiyanto, dari Dinas PMD Sumut mengatakan mereka turun ke Tapsel dalam rangka evaluasi.


Evaluasi menyangkut sejauh mana terlaksananya program PTP2WKSS  di Desa Batu Godang yang ikut lomba tingkat provinsi. Serta sejauh mana dampak positif program ini mendongkrak pembangunan demi peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat.


Di hadapan tim, Bupati Tapsel Dolly Pasaribu yang hadir lewat daring mengatakan, Pemkab Tapsel cukup pro aktif melakukan pola pendekatan lintas bidang bagi kaum perempuan guna menyukseskan program PTP2WKSS di wilayahnya.


"Pola demikian demi tercapainya keluarga sejahtera, desa maju dan mandiri serta unggul dan bersinar," kata Dolly.


Yang tujuan utamanya tercipta keluarga yang hidup rukun, bergotong royong saling memperhatikan satu sama lain, saling bantu untuk meningkatkan kualitas hidup warga desa.


Lebih jauh, Bupati Tapsel berharap Desa Batu Godang dapat meraih juara satu sehingga Tapsel dapat mempertahankan ke empat kalinya menjadi juara kategori PTP2WKSS Tingkat Provinsi Sumatera Utara.


Sementara Ketua TP PKK Tapsel Ny Rosalina Dolly Pasaribu mengatakan, program PTP2WKSS ini sangat khas, karena fokus pada penyelesaian terhadap permasalahan “5R” yaitu rawan pendidikan, rawan transportasi, rawan kesehatan, rawan ekonomi dan rawan telekomunikasi.


“Tentu dari bagian rasa tanggungjawab, kami PKK sebagai mitra dari pemerintah terus berusaha bekerja sama secara terpadu dalam hal memberi bantuan, begitu juga fasilitas terkait 5R tersebut," jelasnya.


Rosalina sebaliknya tidak memungkiri bahwa dalam membina suatu desa, tentu banyak kendala. Salah satu kendala agar pola pikir serta perilaku masyarakat berubah ke arah yang lebih baik.(Ahmad)