Bawaslu Sumut : Jangan Terjebak Money Politik

30 September 2024


Taput | Indonesia Berkibar News -
 Bawaslu sumut berikan edukasi agar tidak terjebak Money Politik, Badan pengawas pemilu sumatera utara lakukan pertemuan Fokus Group Discussion, " Strategi pelibatan publik dalam pengawasan partisipatif pemilihan serentak tahun 2024, dihadirin Ketua Bawaslu kab. Taput, Kopman Pasaribu, SH., MH dan Anggota Bawaslu taput Romi kordiv HP2H, PWI, Media Jurnalis dan DPC GMNI & BPC GMKI Kabupaten Tapanauli Tarutung di angkasa cafe resto, Senin (30/09/2024).

tantangan yang muncul dari praktek manipulasi politik, di mana uang digunakan untuk mempengaruhi suara pemilih. Hal ini  menciptakan stigma yang mengganggu demokrasi di Indonesia. Bawaslu berperan dalam pencegahan serta melakukan pengawasan melekat untuk meminimalisir pelanggaran. Kolaborasi Lintas Sektor sangat diperlukan Mengajak semua elemen, termasuk organisasi masyarakat dan lembaga pendidikan, untuk bekerja sama dalam mencegah manipulasi dan mendorong partisipasi publik, " ucap saut.

Jujungan simorangkir tambahkan, sampaikan Sistem pengawasan demokrasi yang adil, jujur, dan demokratis di mana tidak ada manipulasi politik, politik uang, atau kecurangan lainnya yang merusak integritas pemilu/pemilihan. Kolaborasi Mahasiswa dengan lembaga Pemilu (bawaslu) yang memanfaatkan pengalaman langsung di lapangan, untuk memahami tantangan nyata dalam pengawasan pemilu, yang penting untuk menjaga transparansi dan integritas dalam proses demokrasi, Riset dan kajian kehidupan demokrasi Taput untuk mengevaluasi kondisi kehidupan demokrasi di Taput dan memahami pelaksanaan pemilihan ini, berjalan dan tantangan yang dihadapi dalam proses pemilu, Pelatihan pengawasan Pemilu Bawaslu untuk meningkatkan kapasitas pengawas pemilu, dalam mengidentifikasi dan mencegah pelanggaran selama pemilihan.

Struktur Pengawasan Pemilu pada pengawasan yang terkait dengan teknis pemilu, terutama pada pengawasan partisipatif. Pengawasan ini penting untuk menjaga integritas proses pemilihan dan memastikan pemilu yang adil dan jujur, Teknik Kebebasan dan Pemilihan. Bagaimana kebebasan dan struktur pemilihan harus dijaga, dan bahwa pengawasan pemilu harus dilakukan dengan independensi penuh untuk memastikan tidak ada intervensi yang tidak sah dalam proses pemilihan . Partisipasi dan Tanggung Jawab 

pemilihan bukan hanya tanggung jawab Bawaslu, tetapi juga tanggung jawab bersama seluruh elemen masyarakat, "ucapnya. Arthur Simanungkalit, Anggota bawaslu Taput periode 2018/2023.

Psalmen padang ketua DPC GMNI TAPUT 2017/2019, Tambahkan, Pemilu dan pemilihan Tanggung Jawab Warga Negara. Demokrasi bukan hanya tentang memilih pemimpin, tetapi juga menyadari tanggung jawab sebagai warga negara dalam mengarahkan dan mengawasi pemerintah. Partisipasi aktif dari masyarakat sangat penting untuk memastikan akuntabilitas dalam pemerintahan. Tantangan Money politik. Money Politik sering kali menjadi hambatan dalam pemilu yang jujur dan adil. Banyak calon yang menggunakan uang untuk membeli suara, dan ini menjadi stigma dalam kehidupan demokrasi. Hal ini menunjukkan perlunya tindakan preventif dari Bawaslu dan peningkatan kesadaran masyarakat. Strategi Pengawasan dan Pencegahan Dalam upaya mencegah manipulasi, Menyarankan agar Bawaslu melakukan pengawasan yang lebih ketat. Ia mengusulkan pelaksanaan apel keliling untuk berkomunikasi dengan tim sukses dan ASN, serta membangun intelijen untuk mengumpulkan informasi tentang potensi  pelanggaran, "tutupnya. (zul)