Panwaslu Kecamatan Pangkalan Susu Sukses Menggelar Sosialisasi Ke Masyarakat Pilkada Tahun 2024

30 September 2024


Pangkalan Susu |  Indonesia Berkibar News
- Untuk melibatkan masyarakat secara aktif dalam proses mengoptimalkan Pengawasan tahapan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur dan memilih Bupati dan Wakil  Bupati Langkat tahun 2024, 

Maka Badan Pengawasan Pemilihan Umum (panwaslu) Kecamatan Pangkalan Susu menyelenggarakan Sosialisasi Pengawasan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) bagi Masyarakat. 

Kegiatan yang mengambil tema ‘sosialisasi pengawasan Ppartisipasif tentang peran strategis masyarakat dalam pengawasan partisipatif pada Pilkada Tahun 2024’ ini digelar  lingkungan Xl kelurahan Beras Basah,Senin (30/09/2024).


Kegiatan dibuka menyanyikan lagu Indonesia Raya dan nyanyian panwaslu  dan acara dilanjutkan mendengarkan doa bersama yang dipimpin oleh H. Ustad Syahrul.

Acara dilanjutkan mendengarkan Kata dari Ketua Panwas Kecamatan Pkl. Susu Muhammad Sadli,"menyampaikan akan pentingnya sosialisasi Pengawasan Pemilu dapat tersampaikan ke masyarakat.

 "Lanjut  masyarakat menjadi elemen penting dalam menentukan integritas pemilu untuk berani menolak politik uang, ujaran kebencian, hoax  serta berani melaporkan setiap dugaan pelanggaran dalam setiap tahapan pemilu", ucapnya.

Menyampaikan bahwa pihaknya memiliki dua pekerjaan besar yaitu mengawasi dan menindak pelanggaran maupun menyelesaikan sengketa proses pemilu.


Terkait dengan tugas pengawasan bukan merupakan monopoli dari Bawaslu tetapi perlu didukung oleh masyarakat yang punya perhatian dan berpartisipasi untuk mengawasi demi mewujudkan pemilu yang berintegritas,ujar Ketua Panwaslu Kecamatan Muhammad Sadli. 

Sementara H.Rismandianto Karo - karo MM selalu narasumber memaparkan dalam sambutan pembukanya,mengungkapkan,"Pentingnya partisipasi masyarakat untuk memantau dan melaporkan pelanggaran pemilihan secara realtime. Karenanya penggunaan teknologi informasi menjadi salah satu kunci dalam optimalisasi pengawasan.

“Dengan pengawasan partisipatif yang ketat maka kecurangan dalam pemilihan seperti money politic, manipulasi suara dan intimidasi pemilih dapat diminimalisir, serta memastikan proses pemilihan yang jujur dan adil,” cetus H.Rismandianto Karo - karo MM.

Menurutnya pengawasan yang optimal tidak hanya akan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap hasil pemilihan, namun juga memastikan bahwa suara rakyat benar-benar terwakili. Selain itu, 


Transparansi dan akuntabilitas pun menjadi fokus utama, di mana setiap tahap pemilihan mulai dari kampanye hingga penghitungan suara dilakukan secara terbuka dan dapat di pertanggung jawabkan.ungkap H. Rismandianto. (ERI)